Beberapa Tips Dalam Merawat Memory Card

Tips-tips dalam merawat memory card



                                          




Media penyimpanan merupakan hal yang sangat penting,termasuk memory card.Karena media penyimpanan menyimpan file - file yang sangat berharga.Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara merawat memory card anda.Akan jadi masalah besar jika data pada memory card anda corupt/rusak bahkan sampai hilang.Berikut ini merupakan perawatan pada memory card anda agar performa selalu optimal :


-Pilih Card Reader yang bagus.
   
Hasil gambar untuk card reader

Sangat tidak efisien langsung menghubungkan perangkat ke komputer.Akan lebih efisien jika anda menggunakan card reader.Dengan memilih card reader yang bagus,akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengcopy maupun memindahkan data dari memory card ke hardisk komputer.Hal ini sangat membantu terutama untuk kalangan fotografer.Untuk PC gunakanlah card reader,namun beda halnya dengan laptop.laptop memiliki slot memory card,sehingga kita hanya perlu menambahkan adapter tambahan saja.adapter memory biasanya sudah sepaket ketika kita membeli memory card.


-Cabut memory card secara aman
   .hal ini untuk mencegah data anda corupt/rusak ketika memory anda dicabut.Bahkan lebih parah lagi data anda bisa hilang bila langsung dicabut sembarangan.Untuk mencabut secara aman,cukup dengan mengklik safetly remove hardware pada tray icon atau bisa juga dengan mengklik kanan pada memory,kemudian pilih eject.

-Perhatikan lampu indikator.
Hasil gambar untuk lampu indikator kamera

jika anda seorang fotografer,perhatikanlah pada kamera.sesudah menggunakan mode burst atau continous shooting mode,ketika mengambil gambar ,kamera membutuhkan waktu untuk menulis data.Catatan : jangan mematikan kamera,ketika perangkat anda buffering gambar,karena bisa menyebabkan data anda hilang.ketika transfer data dari memory card ke komputer,jangan mematikan komputer atau mencabut memory card ketika masih dalam proses transfer data.


-Jangan panik ketika memory card basah.
pertolongan pertama pada memory card basah adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu memory tersebut.setelah benar - benar kering transfer data dengan card reader.


-Update memory card.

meski memory card mempunyai masa pakai yang relatif sangat lama,meskipun begitu,disarankan untuk mengupdate memory card ketika sudah mencapai masa pakai yang lama.

-Lakukan format secara periodik.

Hasil gambar untuk format memory card
pindahkan file terlebih dahulu ,kemudian baru dilakukan pemformatan.Bisa dilakukan beberapa bulan sekali,dan jangan terlalu sering.yang penting secara periodik.Bisa setahun 2 atau 3 kali tergantung pemakaian.

-Perhatikan kapasitas memory card.

jangan paksakan memenuhi ruang pada memory card anda.kira - kira sisakan ruang kosong antara 10 sampai 25 persen ruang kosong.Dan lebih baiklagi bila anda membackup data anda pada media penyimpanan/memory card lain.Untuk berjaga - jaga kalau data corupt / hilang.

-Memakai aplikasi pendukung.

Terutama untuk membackup dan merestore data pada memory card.Bila data anda tidak sengaja terhapus,jangan panik terlebih dahulu karena masih bisa di recovery,asalkan jangan dilakukan format terlebih dahulu.


Dengan beberapa tips diatas memory card anda akan selalu berada dalam keadaan optimal.memang ada banyak cara lain namun dengan cara di atas saya rasa efektif dalam menjaga memory.

No comments:

Post a Comment