Perbedaan Antara HEADSET,HEADPHONE,EARPHONE,Dan HANDSFREE


Hasil gambar untuk handsfree canggih terbaru


Perangkat HEADSET,HEADPHONE,EARPHONE,dan HANDSFRE mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita smua..Dan juga semua orang juga sudah banyak ygang tau dan mengerti tentang fungsi dari perangkat ini.Namun kebanyakan dari kita juga tau secara universal yaitu perangkat untuk mendengar suara langsung ke telinga.

Sebenarnya perangkat ini memiliki beberapa perbedaan.Kali ini admin akan mengulik tentang paerbedaan antar perangkat ini.
   
1.HEADSET
   
Hasil gambar untuk headset


    Headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu. Dimana pada heaadset terdapat perangkat input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output yaitu speaker.Dilihat dari bentuknya, headset ditujukan pada perangkat yang lebih besar, dimana pada bagian speaker menutupi telinga pemakainya. Hal ini dimaksudkan supaya suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal. Dilihat dari segi design visualnya, umumnya melingkar pada bagian atas kepala dan pada bagian speakernya pada sebelah kanan memiliki mikrofon.Cara penggunaan headset biasanya lebih sering dipasangkan pada laptop, PC, atau mp3, ketimbang dipasangkan pada perangkat mobile. Kebanyakan headset digunakan untuk kebutuhan video chat, video call, skype dan lainnya. Pada bagian konektifitas, headset memiliki 2 buah jack berukuran 3,5mm yang akan dipasangkan pada soundcard di PC.Adapun peran pada 2 jack yaitu Jack pertama untuk input yakni mikrofon, dan jack kedua sabagai output yakni speaker. Namun seiring perkembangan jaman, fitur konektifitas headset ini semakin beraneka ragam. Seperti fitur koneksi bluetooth dan USB yang terintegrasi di dalamnya.
2.HEADPHONE
Hasil gambar untuk headset

Tak jauh berbeda dengan headset. Dari segi desain nya hampir sama dengan headset, bedanya Headphone tidak memiliki jack input yakni mikrofon sehingga dari segi fungsinya menimbulkan perbedaan.Biasanya headphone ini lebih banyak digunakan untuk perangkat mobile seperti dibeberapa negara barat termasuk asia timur penggunaan headphone, digunakan untuk mendengarkan musik Seiring perkembangan jaman semakin banyak saja desain dan warna headphone yang menarik dan lebih bervariatif.
3.EARPHONE
Hasil gambar untuk EARPHONE

Dilihat dari segi fungsi dan kegunaannya, earphone tidak berbeda jauh dengan headphone. Hanya saja earphone memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga lebih ringkas dan mudah dibawa kemana mana. Bahkan akan lebih nyaman digunakan dibandingkan headphone karena ukurannya lebih besar.Sekilas earphone memiliki kemiripan handsfree tanpa menggunakan tombol audio tambahan. Penggunaannya sangat mudah hanya dimasukkan saja ke dalam telinga bagian luar, sehingga penggunaan perangkat ini bisa digunakan dalam keadaan apa saja tanpa mengganggu kenyamanan.
4.HANDSFREE
   Hasil gambar untuk handsfree

Handsfree adalah jenis earphone yang diberi tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi. Dimana segi design nya, handsfree lebih mirip dengan earphone.Pada Handsfree memiliki tambahan satu tombol pada bagian mikrofonnya, dimana tombol ini digunakan untuk menerima atau memutuskan panggilan, atau digunakan saat sedang memutar media, tombol ini digunakan untuk memainkan atau menghentikan.Saat ini Handsfree banyak disertakan pada dashbook pada perangkat mobile. Selain itu dari segi konektifitas perangkat ini menggunakan kabel dan fitur bluetooth yang canggih.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih
#wassalam

2 comments: