Perkenalan Perangkat Wearable



 Selamat pagi,siang,sore dan malam pembaca sekalian. Semoga kita semua berada dalam lindungan-NYA, dan selalu di berkahi kesehatan oleh yang maha kuasa.

Mungkin di antara kita semua pasti sudah ada yang tahu apa itu Wearable, namun kali ini teknologi997 akan menjelaskan tentang apa itu perangkat Wearable dan semoga artikel ini juga bisa menambah wawasan kita semua.Berikut Penjelasannya:

Wearable Device atau perangkat Wearable merupakan suatu benda aksesoris yang memiliki teknologi layaknya sebuah komputer mini. Wearable sendiri dapat berwujud seperti Jam tangan, Kacamata, Gelang bahkan juga bisa seperti pakaian.
Sebenarnya cikal bakal dari perangkat Wearable sendiri telah di mulai pada era tahun 80-an.Pada waktu itu jam tangan sudah di lengkapi dengan kalkulator, Contohnya saja jam tangan kalkulator untuk anak 2000-an pasti tahu, ituloh jam tangan yang di larang sama guru untuk di pake waktu ujian.Namun waktu itu istilah Wearable itu sendiri belum populer. Perangkat ini mulai naik daun pada tahun 2010-an, saat beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google,Apple,Samsung turut ikut mengeluarkan produk tersebut.

Pada tahun 2010, Google mulai mengembangkan prototipe dari kacamata pintar bernama Google glass. Tidak lama berselang atau tiga tahun kemudian perusahaan ini mulai memperkenalkan produk ini kepada publik. Di tahun yang sama, atau 2013 Samsung juga ikut mengeluarkan jam pintar yang bernama Samsung Gear.

Samsung memperkenalkan perangkat ini di Berlin,Jerman yang di adakan 4 September 2013.Jam tangan pintar ini di operasikan dengan menggunakan software milik Google yang bernama Andoir Wear. Namun, setahun kemudian Samsung menggantinya dengan perangkatnya sendiri dengan OS yang bernama Tizen.

Setahun kemudian MOTOROLA juga juga ikut meramaikan pasar perangkat Wearable ini dengan ikut merilis perangkatnya sendiri yang bernama Moto 360. Hampir sama dengan Samsung jam tangan pintar ini juga menggunakan atau menjalankan sistem operasi Android Wear dari Google. Tidak lama berselang Apple juga mengumumkan perangkat buatannya sendiri yakni Apple Watch.

Apple yang berbasis di California mengumkannya pada September tahun 2014 dan mulai merilisnya ke pasaran pada april 2015.Berbeda dengan 2 perusahaan raksasa sebelumnya yaitu Samsung dan Motorola Apple Watch langsung menggunakan perangkatnya sendiri yang di namakan watchOS.
Kemungkinan besar perangkat wearable akan mulai berkembang dan terus di kembangkan lagi dan menyesuaikan selera pasar.

Itulah perkenalan tentang Perangkat Wearable, Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua,
Terimakasih telah berkunjung ke artikel ini dan jangan lupa  juga untuk membaca artikel lainnya,
Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalam





No comments:

Post a Comment